Kabel Ethernet dapat disambungkan secara straight through atau crossover. Susunan kabel straight dan cross adalah jenis yang paling umum dan digunakan untuk menghubungkan komputer ke hub atau switch.

Kemungkinan besar mereka adalah apa yang akan Anda temukan ketika Anda pergi ke toko komputer lokal Anda dan membeli kabel patch. 

Kabel Crossover lebih umum digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer dan mungkin sedikit lebih sulit ditemukan karena tidak digunakan sebanyak kabel Ethernet langsung. 

Urutan Kabel Lan

Apa itu Kabel Straight Through?

Kabel straight through adalah jenis kabel twisted pair yang digunakan di jaringan area lokal untuk menghubungkan komputer ke hub jaringan seperti router.

Jenis kabel ini juga kadang-kadang disebut kabel patch dan merupakan alternatif untuk koneksi nirkabel di mana satu atau lebih komputer mengakses router melalui sinyal nirkabel. 

Susunan kabel straight dan cross menggunakan pin kabel cocok. Kabel straight through menggunakan satu standar kabel: kedua ujungnya menggunakan standar kabel T568A atau kedua ujungnya menggunakan standar kabel T568B.

Susunan kabel straight jenis CAT5 dengan konektor RJ-45 di setiap ujungnya, dan masing-masing memiliki pin out yang sama. Kabel tersebut menggunakan kode warna yang sama di seluruh LAN untuk konsistensi

Kegunaan Kabel Straight-Through. 

Jenis kabel twisted-pair ini digunakan di LAN untuk menghubungkan komputer atau hub jaringan seperti router. Ini adalah salah satu jenis kabel jaringan yang paling umum.

Apa itu Kabel Crossover?

Kabel Ethernet crossover adalah jenis kabel Ethernet yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputasi secara langsung.

Susunan kabel straight dan cross RJ45 menggunakan dua standar kabel yang berbeda: satu ujung menggunakan standar kabel T568A, dan ujung lainnya menggunakan standar kabel T568B. 

Pengkabelan internal kabel crossover Ethernet membalikkan sinyal pengiriman dan penerimaan.

Ini paling sering digunakan untuk menghubungkan dua perangkat dengan jenis yang sama: misalnya dua komputer (melalui pengontrol antarmuka jaringan) atau dua saklar satu sama lain.

Pada jenis sambungan kabel ini, urutan kabel lan yaitu Pin 1 disilangkan dengan Pin 3, dan Pin 2 disilangkan dengan Pin 6.

Kegunaan Kabel Crossover

Kabel crossover digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat komputasi. Kabel internal kabel crossover membalikkan transmisi dan menerima sinyal.

Ini banyak digunakan untuk menghubungkan dua perangkat dengan jenis yang sama: misalnya, dua komputer atau dua saklar satu sama lain.

Dalam hal penampilan fisik, kabel lan cross sangat mirip dengan kabel Ethernet biasa. Namun, mereka berbeda dalam hal urutan kabel yang diatur.

Jenis kabel Ethernet ini dibuat untuk terhubung ke perangkat jaringan sejenis melalui Ethernet secara langsung.

Kabel crossover sebagian besar digunakan untuk menghubungkan dua host secara langsung.

Perbedaan antara Kabel Cross dan Straight

Berikut perbedaan Susunan kabel straight dan cross.

Straight ThroughtCrossover
Kabel straight-through adalah jenis CAT5 dengan konektor RJ-45 di setiap ujungnya, dan masing-masing memiliki pin out yang sama.Urutan kabel cross jenis CAT di mana salah satu ujungnya adalah konfigurasi T568A, dan ujung lainnya sebagai Konfigurasi T568B.
Ini adalah salah satu format kabel yang paling umum digunakan untuk kabel jaringan.Ini hanya digunakan untuk aplikasi tertentu.
Anda juga dapat menghubungkannya ke port LAN router ke port uplink switch/hub.Anda dapat menghubungkannya ke port LAN router ke switch atau port reguler hub
Straight through cable menghubungkan komputer dengan kabel atau port LAN modem DSL.Kabel Crossover terhubung dengan port LAN router dengan port normal switch/hub.
Anda harus menggunakan kabel straight-through ketika Anda ingin menghubungkan dua perangkat dari jenis yang berbeda.Anda harus menggunakan kabel crossover ketika Anda ingin menghubungkan dua perangkat dengan jenis yang sama.
Ini membantu Anda menghubungkan port WAN router ke kabel atau port LAN modem DSL.Anda dapat menghubungkan dua saklar/hub dengan menggunakan port normal di kedua saklar/hub.
Kabel straight-through terutama digunakan untuk menghubungkan, tidak seperti perangkat.Sementara kabel crossover sebagian besar digunakan untuk menghubungkan perangkat sejenis.

Kabel Straight dan Cross, Pilih yang Mana?

Pemilihan atau kabel jaringan harus dilakukan berdasarkan aplikasi Anda.

Jika Anda ingin susunan kabel straight dan cross terhubung ke komputer dan printer secara bersamaan, Anda memerlukan kabel crossover.

Jika Anda memiliki beberapa komputer dan printer, Anda harus membeli saklar .

Semua komputer yang terhubung ke saklar dengan kabel straight – through dan printer harus terhubung ke saklar dengan kabel straight-through.

PusatMengalihkanRouterKomputer
PusatPindah silangPindah silangLurusLurus
MengalihkanPindah silangPindah silangLurusLurus
RouterLurusLurusPindah silangPindah silang
KomputerLurusLurusPindah silangPindah silang

Kabel Straight Through vs Crossover, mana yang harus dipilih?

Susunan kabel straight dan cross, mana yang harus saya pilih? Biasanya, kabel straight through terutama digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda. Dan kabel crossover digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama.

Gunakan kabel straight melalui Ethernet untuk kabel berikut:

  • Beralih ke router
  • Beralih ke PC atau server
  • Hub ke PC atau server

Gunakan kabel crossover untuk kabel berikut:

  • Beralih ke beralih
  • Beralih ke hub
  • Hub ke hub
  • Router ke router
  • Port Ethernet router ke NIC PC
  • PC ke PC

Cara Membuat Susunan Kabel Ethernet Straight

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat susunan kabel Ethernet, Straight yang cukup mudah.

1. Lepaskan Bungkus Kabel

Lepaskan jaket kabel sekitar 1,5 inci dari ujungnya. Rentangkan keempat pasang kawat bengkok.

Untuk Cat 5e, Anda dapat menggunakan tali tarik untuk melepas jaket lebih jauh ke bawah jika perlu, lalu potong tali tarik.

Kabel Cat 6 memiliki tulang belakang yang juga perlu dipotong.

2. Lepaskan Pasangan Kawat

Lepaskan pasangan kawat dan sejajarkan dengan rapi dalam orientasi T568B.

Pastikan untuk tidak melepaskannya lebih jauh ke bawah kabel daripada di mana jaket dimulai; kami ingin membiarkan sebanyak mungkin kabel terpelintir.

3. Potong Kabel

Potong kabel selurus mungkin, sekitar 0,5 inci di atas ujung jaket.Masukkan kabel dengan hati-hati ke dalam konektor modular, pastikan bahwa setiap kabel melewati pemandu yang sesuai di dalam konektor.

Dorong konektor ke dalam alat crimping dan tekan crimper sepenuhnya ke bawah.

4. Ulangi Langkah Nomor 1-3 untuk Kabel Lain

Ulangi langkah 1-3 untuk ujung kabel yang lain. Untuk memastikan Anda telah berhasil mengakhiri setiap ujung kabel, gunakan penguji kabel untuk menguji setiap pin.

Cara Membuat Kabel Ethernet Cross

Berikut ini cara membuat susunan kabel straight dan cross dengan langkah-langkah yang mudah.

1. Pilih Kabel, Potong Sesuai Ukuran

Tarik kabel dari gulungan ke panjang yang diinginkan dan potong. Jika Anda menarik kabel melalui lubang, lebih mudah untuk memasang colokan RJ-45 setelah kabel ditarik. 

Panjang total segmen kabel antara PC dan hub atau antara dua PC tidak boleh melebihi 100 Meter (328 kaki) untuk 100BASE-TX dan 300 Meter untuk 10BASE-T.

2. Lepaskan Bungkus Kabel

Mulailah dari satu ujung dan lepaskan jaket kabel (sekitar 1″) menggunakan stripper atau pisau. Berhati-hatilah agar tidak merusak kabel, jika tidak, Anda harus memulai dari awal.

Sebarkan, lepaskan pasangan, dan atur kabel dalam urutan ujung kabel yang diinginkan. Ratakan ujungnya di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda. 

Pangkas ujung kabel sehingga mereka rata satu sama lain, hanya menyisakan 1/2″ panjang kawat. Jika lebih panjang dari 1/2″ itu akan keluar dari spesifikasi dan rentan terhadap crosstalk. Ratakan dan pastikan tidak ada ruang di antara kabel.

3. Periksa Urutan Kabel

Pegang steker RJ-45 dengan klip menghadap ke bawah atau menjauhi Anda. Dorong kabel dengan kuat ke dalam steker.

Periksa setiap kabel datar bahkan di bagian depan steker. Periksa urutan kabel. Periksa lagi. Periksa apakah jaket dipasang tepat pada stop kontak.

Pegang kawat dengan hati-hati dan kencangkan RJ-45 dengan penjepit dengan kuat.

4. Periksa Orientasi Warna

Periksa orientasi warna, periksa apakah sambungan yang berkerut tidak akan terlepas, dan periksa apakah kabelnya rata dengan bagian depan steker. Jika salah satunya salah, Anda harus memulai dari awal. 

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, sebaiknya ketahui juga beberapa tips yang harus dilakukan dalam membuat kabel ethernet cross.

  • Sebuah crossover memiliki satu ujung dengan set kabel Oranye dialihkan dengan set Hijau.
  • Pin bernomor ganjil selalu bergaris, pin bernomor genap selalu berwarna solid.
  • Melihat RJ-45 dengan klip menghadap jauh dari Anda, Brown selalu di kanan, dan pin 1 di kiri.
  • Tidak lebih dari 1/2″ kabel Ethernet harus dilepas jika tidak maka akan rentan terhadap crosstalk.
  • Jangan deformasi, jangan menekuk, jangan meregangkan, jangan staples, jangan paralel dengan kabel daya, dan jangan jalankan kabel Ethernet di dekat komponen yang menimbulkan kebisingan.

Untuk kabel crossover, cukup buat salah satu ujung kabel menjadi T568A dan ujung lainnya menjadi T568B.

Sekarang Anda dapat membuat kabel Ethernet dengan panjang berapa pun, memperbaiki konektor yang rusak, atau membuat sendiri kabel crossover. 

Kode Warna Kabel Ethernet Straight dan Cross

Warna Kabel Straight dan Cross

Memodifikasi kabel Ethernet secara tidak benar dapat menyebabkan hilangnya konektivitas jaringan.

Gunakan informasi ini dengan risiko Anda sendiri, dan pastikan semua konektor dan kabel dimodifikasi sesuai dengan standar. 

1. Kabel Ethernet Straight-Through T-568B

Kabel Straight-Through standar T-568A dan T-568B paling sering digunakan sebagai kabel patch untuk koneksi Ethernet Anda.

Jika Anda memerlukan kabel untuk menghubungkan dua perangkat Ethernet secara langsung tanpa hub atau saat Anda menghubungkan dua hub secara bersamaan, Anda harus menggunakan kabel Crossover.

2. Kabel Ethernet Crossover RJ-45

Cara yang baik untuk mengingat cara memasang kabel Ethernet Crossover adalah dengan menyambungkan salah satu ujungnya menggunakan standar T-568A dan ujung lainnya menggunakan standar T-568B.

Cara lain untuk mengingat kode warna adalah dengan mengganti set kabel Hijau dengan set kabel Oranye.

Secara khusus, ganti hijau solid (G) dengan orange solid, dan ganti hijau/putih dengan orange/putih.

Kesimpulan dan Penutup

Susunan kabel straight dan cross disambungkan secara berbeda satu sama lain.

Salah satu cara mudah untuk mengetahui apa yang Anda miliki adalah dengan melihat urutan kabel berwarna di dalam konektor RJ45. 

Jika susunan kabel straight dan cross mempunyai urutan kabel di kedua ujungnya sama, maka Anda memiliki kabel straight through.

Jika tidak, kemungkinan besar kabel crossover atau salah kabel. Saat ini, kabel straight through jauh lebih populer daripada kabel crossover dan banyak digunakan oleh orang-orang. 

Silahkan berdiskusi...