Firewall adalah salah satu opsi setting atau pengaturan yang ada di PC maupun Laptop. Istilah mungkin hanya diingat oleh sebagian orang awam sebagai. Karena memang istilah ini masih asing bagi sebagian besar orang.

Namun tak perlu risau, sebab di sini kami akan memberikan pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan Firewall dan penjelasan lengkapnya.

Dan semuanya akan kami rangkum beserta dengan fungsi dan jenis-jenisnya yang wajib untuk kamu ketahui.

Apa itu Firewall?

Jika melihat dari pengertiannya sendiri, istilah ini merujuk pada suatu sistem keamanan yang bertugas sebagai pelindung bagi perangkat PC maupun Laptop. Dari berbagai macam ancaman yang berasal dari jaringan internet.

Sehingga bisa dibilang jika sistem ini bekerja sebagai tembok maupun sekat yang tugasnya sebagai pembatas antara perangkat dan jaringan internet.

Dari sini kamu bisa melakukan pengaturan mengenai data, informasi hingga kegiatan apa saja yang boleh melewati jaringan internet.

Sederhananya, pengertian Firewall dapat diartikan sebagai suatu tembok yang akan menjaga jalur keluar masuk yang terjadi di dalam jaringan internet.

Cara kerja Firewall sendiri adalah dengan menyaring packet atau data yang berada di antara jaringan internet.

Sehingga memutuskan untuk meloloskan dan tidak meloloskan suatu data atau packet yang akan diakses oleh perangkat PC atau Laptop yang kamu gunakan.

Jenis Jenis Firewall

Jika dilihat berdasarkan jenisnya, sistem ini dibedakan ke dalam dua jenis yakni hardware dan software. Dan kedua jenis ini mempunyai pengaturan atau konfigurasi yang berbeda. Akan tetapi dengan fungsi yang sama.

Yakni fungsi dari Firewall adalah sebagai pelindung keamanan jaringan internet yang kamu gunakan.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa jenis dan penjelasan lengkapnya:

1. Firewall Berbasis Hardware

Hardware atau piranti keras ini berada di dalam sistem jaringan seperti router. Jenis ini biasanya membutuhkan konfigurasi agar bisa bekerja dengan baik dan tentunya secara efektis. Oleh sebab itu jenis ini biasanya akan menggunakan teknik filter.

Teknik ini akan dilakukan untuk menentukan packet utama, sumber beserta dengan tujuannya. Sehingga secara internal sistem ini sendiri akan melakukan perbandingan data sesuai dengan aturan yang sudah ada.

Lalu akan mengambil keputusan mengenai data mana saja yang bisa dimasukkan ke tujuan dan data mana saja yang harus di-drop.

2. Firewall Berbasis Software

Berikutnya adalah yang berbasis software adalah salah satu cara yang tepat digunakan untuk melindungi jaringan untuk kamu pengguna internet yang ada di dalam rumah.

Sebab jenis ini sendiri biasanya dibuat ke dalam bentuk aplikasi yang terpisah. Dan ada juga yang menggunakan fitur tambahan dari sistem anti-virus. Selain itu jenis ini biasanya akan berguna sebagai pelindung trafik inbound maupun outboind.

Dan sudah pasti berfungsi untuk menghindari serangan virus berbahaya seperti virus Worm dan Trojan.

Fungsi Firewall

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika fungsi utama dari sistem ini adalah sebagai pelindung jalur internet. Sehingga aman bagi perangkat yang kamu gunakan. Sudah pasti salah satu alasan utaman bagi pengguna sistem ini adalah faktor keamanan.

Hal ini tentu saja dikarenakan fungsi dari sistem ini yang sangat penting bagi perangkat yang kamu gunakan. Bahkan penggunaan sistem ini menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan. Tidak boleh tidak.

Oleh sebab itu agar lebih mengetahui peran penting dari sistem ini, kamu juga harus paham apa saja fungsi dari sistem ini dan berikut adalah fungsi dari Firewall yaitu :

1. Sebagai Pelindung Data dari Pengguna yang Tidak Memiliki Otoritas Hingga Hacker

Fungsi utama dari sistem ini adalah sebagai sekat maupun tembok penghalang dari data internal dengan akses yang berasal dari luar. Oleh sebab itulah sistem ini akan memastikan bahwa tidak akan ada pengguna asing maupun hacker yang bisa masuk dan mengakses data di perangkat kamu.

Sederhananya, data dan informasi penting yang ada di perangkat kamu akan aman dari tindakan pencurian yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab atau hacker.

Sehingga semua data dan informasi yang ada di dalam perangkat akan aman. Jika kamu menginstal sistem ini. Karena jika tidak, sudah pasti data dan informasi yang ada di dalam perangkat akan menjadi tidak aman.

Maka dari itu pada penjelasan sebelumnya dikatakan jika sistem ini wajib ada dan dimiliki oleh semua perangkat tak terkecuali.

2. Memblokir Pesaan yang Dianggap Mengganggu

Seringkali kamu akan mendapatkan sebuah pesan yang berisikan bahwa PC atau Laptop yang kamu gunakan sedang tidak aman dan berada dalam bahaya. Selain itu apabila tidak menginstal program tertentu dengan segera.

Maka PC atau Laptop yang kamu gunakan akan mati hanya dalam hitungan detik saja. Jika kamu merasa sering mendapatkan pesan seperti itu. Maka bisa dipastikan jika sistem ini tidak ada dan belum terinstall kamu.

Biasanya SPAM Box seperti ini akan dengan mudah ditemukan pada perangkat komputer dengan sistem operasi XP.

3. Memblokir Konten yang Tidak Kamu Inginkan

Fungsi dari Firewall Adalah untuk memblokir semua konten yang tak kamu hendaki. Jadi fungsi sistem ini tidak hanya untuk melaklukan tindakan pemblokiran pada SPAM Box yang di dalamnya terdapat virus berbahaya.

Namun juga bsia kamu gunakan untuk memblokir situs maupun konten yang berasal dari suatu alamat secara spesifik.

Sehingga kamu bisa melakukan setting secara manual pada situs situs apa saja dan konten seperti apa yang tidak boleh diakses dengan menggunakan perangkat kamu.

4. Bermain Game Online dengan Lebih Aman

Bermain game online memang sangat menyenangkan namun kamu pastinya juga sudah tahu jika game online mempunyai resiko dan juga celah keamanan yang sangat besar. Sehingga besar kemungkinkan orang lain dapat mengakses perangkat Anda tanpa izin.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya pertukaran data yang terjadi dengan sangat cepat di antara jaringan yang kamu gunakan. Sehingga bisa saja peretas menggunakan kesempatan ini untuk menyisipkan malware pada komputer yang kamu gunakan.

Sebenarnya server game online sendiri telah dibekali dengan keberadaan fitur keamanan yang cukup mumpuni. Akan tetapi untuk berjaga-jaga akan lebih baik jika kamu melakukan set-up sendiri pada komputer yang kamu gunakan agar lebih aman.

5. Firewall Dapat Memonitor Bandwidth

Fungsi selanjutnya adalah digunakan untuk melakukan pembatasan atau memonitori bandwidth yang kamu gunakan.

Misalnya kamu melakukan pembatasan pada konten hiburan, musik dan gambar lalu memberikan prioritas pada bandwidth bagi konten yang sifatnya sangat bermanfaat untuk keperluan belajar matematika.

6. Dapat Digunakan untuk Mengakses Layanan VPN

Fungsi yang terakhir adalah digunakan untuk memberikan fasilitas bagi koneksi VPN atau Virtual Private Network. Dengan adanya layanan ini, kamu bisa mendapatkan akses pada jaringan internal di perangkat yang kamu gunakan.

Kamu pun bisa mengakses situs maupun konten yang tidak boleh tayang atau diblokir dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas, data sharing dan kolaborasi.

Penutup

Dari penjelasan di atas sudah bisa dipastikan jika Firewall adalah salah satu sistem yang wajib ada dan digunakan pada perangkat PC maupun Laptop.

Semoga bisa menambah wawasan ya… Apabila ingin berdiskusi silakan melalui kolom diskusi dibawah ya…

Silahkan berdiskusi...