Memahami pengertian DNS adalah keharusan untuk kamu yang ingin berkecimpung di dunia IT. Karena DNS server akan digunakan sebagai alat untuk membuka situs. Tanpa DNS, kamu akan sulit mengetik alamat situs dalam bentuk IP Address.

Normalnya, semua alamat situs harus diketik dengan kombinasi angka dan titik. Namun, karena cukup menyulitkan, akhirnya digunakanlah DNS sebagai gantinya. Jadi, saat membuka situs, kamu bisa langsung memasukkan namanya.

Pengertian DNS

Apa itu DNS server? Pengertian domain name system atau DNS sebenarnya cukup sederhana. Ketika kamu sedang mengakses situs jenis apapun, biasanya akan memasukkan nama secara langsung. Nama itu biasanya menggunakan kombinasi huruf atau font angka.

Dengan kombinasi huruf itu, maka ketika mengetik nama situs biasanya berjalan dengan cukup mudah.

Tetapi, jika menggunakan kombinasi angka akan sangat sulit untuk dihafalkan oleh beberapa orang. Bahkan, rawan sekali terjadi kesalahan ketika 1 angka yang dimasukkan berbeda.

DNS server adalah alat yang digunakan untuk pemberian nama sehingga tidak perlu kerepotan ketika memasukkan alamat.

Dengan DNS server, kamu tidak perlu kebingungan untuk memilih nama dari domain karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan diingat banyak orang.

Itulah kenapa, ketika membangun situs seseorang disarankan untuk memilih DNS yang memang benar-benar mudah untuk dihafalkan.

Selain itu, DNS juga akan memudahkan proses pencarian secara langsung menggunakan mesin pencari seperti Google.

Itulah kenapa, penggunaan DNS ini mulai banyak dilakukan di seluruh dunia. Apalagi terdapat banyak sekali DNS dengan ekstensi yang berbeda-beda.

Tetapi, secara umum akan memudahkan seseorang untuk mencari atau langsung membuka situs tanpa melakukan kesalahan.

Fungsi DNS

1. Meminta Informasi IP Address

Setelah memahami apa DNS server, kamu harus memahami apa fungsi dari sistem itu. Secara umum, fungsi yang ditawarkan adalah untuk mendapatkan informasi. Informasi didapatkan dari IP address yang dimiliki oleh situs tertentu atau suatu perangkat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika berbagai jenis situs atau website akan menggunakan IP address sebagai alamat.

Masing-masing website akan memiliki IP address yang berbeda-beda, sehingga apabila ingin mengakses situs tertentu alamatnya akan satu saja.

DNS server digunakan untuk meminta informasi ini secara jelas sehingga ketika dibuka hasilnya akan.

Itulah kenapa, DNS server sangat layak untuk digunakan ketika melakukan proses pengembangan situs jenis apa pun. Apalagi situs itu akan digunakan untuk bisnis.

2. DNS untuk Meminta Informasi URL

Tahap lanjutan dari memahami arti DNS adalah mengetahui jika fungsi dari sistem itu adalah untuk mencari informasi dari URL.

Antara URL dengan IP address yang nantinya digunakan, biasanya akan disambungkan sehingga informasi dari kedua belah pihak akan sama.

Dengan mengetahui informasi dari URL, maka seseorang bisa dengan mudah mengetahui kira-kira alamat apa saja yang akan diakses. DNS akan melakukan kontak secara langsung pada IP address. Selanjutnya, akan memberikan informasi terkait dengan URL yang digunakan.

Dari sinilah ketika kamu mengetik kata kunci tertentu atau langsung mengetik URL. Situs yang diinginkan bisa langsung terbuka dengan sendirinya.

Sebelum itu, biasanya akan ada kontak pada server untuk mendeteksi IP address yang dibutuhkan.

3. Mencari Server untuk Email

Server yang digunakan untuk email juga sangat penting untuk diperhatikan dengan baik ketika memahami pengertian DNS server.

Karena DNS juga akan digunakan untuk melakukan kontak server pada berbagai jenis layanan email.

Karena setiap layanan email jenis apapun, juga akan menggunakan IP address yang berbeda-beda. Jadi, ketika seseorang ingin mengirim email ke alamat tertentu, mereka selalu memakai ekstensi domain atau website. Jadi, email akan akan dikirim ke alamat yang tepat.

Adanya DNS server ini akan membuat email yang nantinya dikirim bisa tepat sasaran masuknya.

Jadi, tidak akan ada lagi email yang masuk ke tempat yang salah atau email yang kesasar. Karena semuanya bisa dikirim ke tempat yang sesuai dengan request.

Keunggulan DNS

1. Mudah Mengakses Internet

Kemudahan mengakses internet juga merupakan salah satu kelebihan dari DNS. Dengan menggunakan cara ini, maka kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai jenis data pada internet.

Salah satunya ketika kamu ingin mengakses situs yang diinginkan.

Apabila membuka dengan menggunakan IP address, hal semacam itu tidak akan terjadi.

Karena ketika akan membukanya kamu harus mengetik satu persatu kombinasi angka yang terkadang sangat rumit dan merepotkan.

Jadi, diganti dengan memasukkan beberapa kombinasi huruf. Dengan melakukan ini, kamu juga akan mudah ketika melakukan proses pencarian pada Google.

2. Penggunaan Jadi Konsisten

Dengan menggunakan DNS server, maka ketika akan membuka situs apapun bisa berjalan dengan lebih.

Alamat IP address ataupun alamat website dengan menggunakan URL tetap akan sama dan tidak akan bisa diubah-ubah dengan sendirinya.

Apabila ingin melakukan proses perubahan, biasanya akan ada beberapa cara yang harus dilakukan.

Yaitu dengan mengganti url pada server terlebih dahulu. Setelah itu, barulah DNS server bisa melakukan perubahan.

Karena cukup repot, biasanya seseorang akan tetap menggunakan IP address atau URL yang sudah digunakan sebelumnya.

Jadi, orang yang mengaksesnya tidak akan kebingungan karena alamat yang digunakan selalu sama.

3. DNS Aman Saat Dipakai

Penggunaan DNS yang paling sering digunakan adalah untuk melakukan proses pengiriman email. Tanpa menggunakan DNS ini, maka proses pengiriman email akan mengalami gangguan.

Bahkan, bisa salah masuk ke server milik orang lain.
Dengan menggunakan DNS, maka alamat email akan tepat karena akan memanfaatkan IP address.

Jadi, risiko untuk mengalami kesalahan akan sangat kecil. Bahkan, seluruh proses yang ada di dalamnya bisa berjalan dengan sangat lancar.

Apabila DNS server mengalami masalah, maka akan sulit untuk melakukan proses pengiriman email. Bahkan, email akan sulit diterima oleh seseorang atau menjadi hilang begitu saja.

Bagian DNS

Domain name system memiliki beberapa bagian. Setiap bagian akan memiliki fungsi tersendiri. Simak pembagian DNS di bawah ini.

  • Bagian root
    Bagian ini merupakan tingkatan yang paling besar ataupun utama. Tingkatan ini biasanya berada di bagian belakang dan diawali terlebih dahulu tanda titik. Misal .com atau .net.

  • Top level domain
    Untuk bagian ini biasanya berada di bagian depan dari tanda titik. Biasanya banyak digunakan sebagai alamat utama. Jadi, apabila mengakses situs apapun atau melakukan pencarian biasanya akan memakai bagian top level ini.

  • Subdomain
    Tingkatan selanjutnya yang paling sering digunakan adalah subdomain ataupun tingkatan lebih rendah dari top level domain. Biasanya, hal ini digunakan untuk memberikan tambahan halaman atau membuat halaman spesifik.

Bagian dari DNS ini sangat penting untuk memperlihatkan fungsi dari sistem. Semakin tinggi tingkatannya, maka akan semakin dibutuhkan.

Jadi, kamu harus mengetahui hari ini apabila ingin memodifikasi domain pada situs yang sedang digunakan.

Penutup

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, DNS adalah salah satu alat yang dipakai untuk membantu membuka alamat situs.

Tanpa DNS, akses ke beberapa situs akan sulit untuk dilakukan. Bahkan, ada kemungkinan kita melakukan berbagai kesalahan.

Silahkan berdiskusi...