Di era serba digital, seharusnya untuk menjalankan suatu bisnis jauh lebih, karena dapat dirintis secara online. Salah satu contohnya dengan bisnis dropship yang saat ini sudah dilakukan semua orang.

Karena memang bisnis yang satu ini hanya modal kecil sudah bisa di lakukan. Tidak seperti bisnis offline yang membutuhkan banyak modal.

Nah mungkin kamu yang penasaran dengan bisnis ini, bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Dropship?

Semoga diantara kamu masih banyak yang belum tahu apa itu dropship? Jadi dropship merupakan sebuah sistem bisnis yang saat ini sedang populer di internet.

Dimana bisnis yang satu ini melibatkan dropshipper atau pihak ketiga sebagai perantara antara pembeli dengan produsen atau supplier barang.

Jika dilihat secara sekilas maka peran dropshipper hampir sama dengan reseller. Dimana menjual barang dari supplier ke pembeli.

Dan seorang dropshipper bisa menentukan harga jual yang berbeda dengan supplier. Dari selisih harga tersebutlah yang menjadi keuntungan untuk dropshipper.

Tapi untuk cara bisnis dropship dengan reseller tentu sangat berbeda jauh. Yang mana model bisnis ini membuat seorang dropshipper tidak perlu menampung barang yang akan dibeli oleh konsumen.

Seorang dropshipper juga tidak perlu mengirim barang satu persatu ke alamat pembeli. Model bisnis yang satu ini meminta supplier untuk mengirimkan barang ke pembeli atas nama dropshipper.

Seakan-akan perla yang menjadi penjual pertama dari produk tersebut. Faktanya dropshipper hanya mempromosikan barang yang dimiliki oleh supplier tersebut.

Di era yang serba digital seperti ini peluang usaha dropship menjadi terbuka lebar. Tidak heran jika bisnis yang satu ini sangat diminati oleh orang-orang.

Karena siapa saja bisa memulai atau merintis bisnis dropship tanpa memiliki modal yang besar. Bisa dikatakan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini yaitu keuletan dari dropshipper itu sendiri.

Keuntungan Bisnis Dropship

Dibawah ini ada beberapa keuntungan bisnis dropship:

1. Tanpa Modal

Untuk memulai dan belajar dropship kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Yang dibutuhkan paling tidak yaitu koneksi internet. Kemudian untuk produk kamu tidak perlu melakukan restock barang dagangan.

Kamu juga tidak perlu menyewa tempat seperti gedung atau ruko. Bahkan kamu juga tidak perlu membuat packaging serta menghitung ongkos kirim. Jadi bisa dibilang bisnis ini merupakan bisnis tanpa modal.

Namun yang diperlukan dalam berbisnis ini yaitu soal keinginan belajar serta attitude. Model bisnis dropship mempunyai sisi teknis yang wajib dipelajari. Seperti scraping data hingga melakukan promosi produk ke calon pelanggan.

Kemudian dari segi Attitude juga tidak kalah penting. Sebagai seorang produser kamu harus menanggapi semua pertanyaan dari calon konsumen.

Bahkan beberapa di antaranya pasti akan menguji kesabaran kamu. Maka Attitude yang profesional, sabar dan cekatan merupakan modal yang paling penting ketika kamu mau belajar bisnis dropship.

2. Fleksibel

Jika dibandingkan dengan pekerjaan kantor atau model bisnis lainnya, contoh peristiwa dropship adalah bisnis yang lebih fleksibel. Karena memang tidak ada jam kantor khusus.

Tidak perlu merias diri sebelum bertemu calon pelanggan atau klien. Tidak ada praktik bisnis konvensional lainnya. Selama ada jaringan internet maka bisnis dropship kamu tetap berjalan.

Bahkan kamu bisa menjalankan bisnis ini sambil keluar dari rumah. Fleksibilitas yang diberikan, tentu siapa saja bisa memulai usaha bisnis dropship. Baik itu dropship Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, BliBli atau jenis marketplace lainnya.

3. Banyak Pilihan Produk

Bisnis dropship sendiri Memang menawarkan berbagai macam pilihan produk untuk dijual. Mulai dari smartphone, kecantikan, fashion, kebutuhan alat rumah tangga, dan lainnya.

Namun pastikan Jika kamu mau menggeluti bisnis ini pastikan menjadi dropshipping terpercaya.

Sehingga para pelanggan Kamu tidak akan kecewa dengan barang yang kamu jual. Namun kamu tidak perlu khawatir jika mempunyai banyak kompetitor. Biasanya pelaku dropship hanya mendalami satu segmen produk saja.

Pasalnya kalau terlalu banyak produk, justru menjadi tidak efektif. Bahkan seringkali para dropshipper kewalahan dengan begitu banyaknya jenis barang yang ditawarkan.

Ide Bisnis Dropship

Ketika ingin memulai usaha dropship, menentukan satu fokus memang sedikit sulit. Namun itu bukan menjadi masalah, justru menjadi peluang dropshipper.

Di bawah ini ada beberapa ide bisnis dropshipping online yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Bisnis Dropship Kosmetik dan Skincare

Seperti yang kamu tahu sendiri jika pasar Skin Care dan kosmetik seperti tidak ada habis. Banyak sekali para wanita yang rela melakukan investasi uangnya hanya untuk mempercantik diri dengan cara membeli kosmetik atau menggunakan Skin Care.

Dengan banyaknya produk keluaran terbaru ataupun yang menjadi tren kecantikan, tentunya ikut membuat produk kosmetik dan Skin Care semacam tidak pernah kehilangan peminatnya.

Apabila kamu memang dekat dengan segmen pasar wanita khususnya usia remaja sampai dewasa, tidak ada salahnya jika memilih ide ini untuk dijadikan bisnis dropship.

2. Makanan Sehat

Seperti yang kamu tahu sendiri jika gaya hidup sehat biasanya sangat populer di kalangan keluarga muda sampai orang tua.

Seiring dengan metabolisme tubuh yang semakin melemah mereka sadar jika memilih produk-produk hak untuk dikonsumsi sangat penting.

Makanya tidak jarang banyak produk kesehatan yang mempunyai harga lebih mahal. Namun kamu tidak perlu khawatir.

Karena status calon pembeli sebagai keluarga muda pasti mereka mempunyai daya beli yang lebih dari pada segmen lainnya.

Dengan itu kamu bisa bebas menargetkan calon konsumen serta meraup untung yang lebih.

3. Pakaian dan Accesories

Ide dropshipping online selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk dicoba yaitu pakaian dan aksesoris. Tidak hanya itu, ada jam tangan, tas, sepatu dan jenis aksesoris lainnya yang dianggap strategis.

Namun karena saking luasnya kamu perlu menargetkan calon pembeli yang spesifik.

Misalnya kamu hanya akan menjual pakaian serta aksesoris ke target perempuan di usia 25 sampai 40 tahun. Atau bisa juga kamu menargetkan untuk menjual pakaian anak-anak.

4. Accesories Gadget

Ide bisnis dropship selanjutnya yang strategis di zaman digital seperti ini yaitu aksesoris gadget. Karena kegunaannya spesifik serta materialnya dapat dipastikan, jadi banyak orang yang membeli aksesoris secara online daripada datang ke toko atau offline.

Namun untuk hidup bisnis yang satu ini, kamu harus pintar-pintar cari produk yang menarik.

Selain itu penting juga untuk memastikan ada mekanisme pengembalian barang yang jelas. Karena produk seperti aksesoris gadget biasanya rawan rusak.

5. Bisnis Dropship Furniture

Ide bisnis dropship lainnya yang bisa menjadi peluang untuk bisnis kamu yaitu furniture.

Pada tahun 2017 bisnis online furniture bahkan telah menyumbang sebanyak 16,9 persen untuk transaksi e-commerce indonesia.

Jadi bisa dibilang, angka transaksinya cukup tinggi bukan?

Ide bisnis yang satu ini bisa kamu pertimbangkan, mengingat di Indonesia sendiri mempunyai berbagai macam jenis furniture yang berkualitas dan keren keren.

Penutup

Intinya sistem bisnis dropship membuat siapa saja bisa merintis bisnis sendiri tanpa perlu modal banyak.

Meskipun bisa tanpa modal, namun tantangan bisnis dropship juga banyak, seperti memilih supplier, keuntungan terbatas, membangun reputasi dan lainnya.

Silahkan berdiskusi...