Bukan rahasia lagi bahwa menjadi seorang youtuber dapat menghasilkan uang yang tidak sedikit. Tidak mengherankan jika jumlah youtuber yang ada di dunia ini semakin bertambah, termasuk di negara Indonesia. Namun cara menjadi youtuber tidak semudah yang dibayangkan.

Terlebih lagi bagi pemula yang belum mengetahui strategi dan langkah-langkah untuk menjadi seorang youtuber. Jika Kamu tertarik ingin menjadi seorang youtuber, maka harus mengantongi berbagai informasi sesuai yang dibutuhkan.

Cara Menjadi Youtuber Sukses

Apakah Kamu berencana ingin menjadi seorang youtuber? Tenang saja, ada trik secara khusus yang membantu para pemula agar lebih mudah meraih impiannya sebagai youtuber terkenal.

Tips apa saja yang bisa diikuti? Berikut ini penjelasannya:

1. Memilih Niche Content

Cara jadi youtuber yang pertama, Kamu harus memilih niche konten yang mana niche merupakan konten yang lebih spesifik dan fokus. Sekarang ini ada banyak banget kategori konten yang dapat dibuat oleh youtuber.

Untuk itu Kamu dapat memilih niche sesuai dengan materi yang dikuasai. Selain itu pilih juga konten yang sekiranya paling banyak pembahasannya dan tidak ada habisnya. Contohnya seperti musik, fashion, gaming, pendidikan, teknologi, skin care, make up, gaya hidup, kesehatan, atau lainnya.

Jika Kamu menentukan ide konten, maka bisa membantu agar lebih berfokus terhadap satu bidang atau topik saja. Secara otomatis hal ini dapat menjaring audiens yang lebih relevan. Tidak hanya itu saja, Kamu pun juga lebih berfokus untuk belajar lebih dalam lagi.

Selain itu juga bisa membuat konten yang berkualitas untuk penonton. Ini adalah cara menjadi youtuber yang perlu Kamu ketahui dengan sebaik mungkin.

2. Menentukan Tujuan yang Hendak dicapai

Sebagai calon youtuber, pastinya Kamu sudah memiliki planning dan tujuan apa yang hendak dicapai. Misalnya ingin memiliki fitur yang banyak, subscriber, monetisasi konten, maupun yang lainnya.

Dalam mencapai konten tersebut pastinya harus dimulai dengan cara mengatur target secara realistis dalam jangka waktu 1 tahun. Bagi youtuber pemula memang sangatlah penting untuk melakukan penyusunan target yang terukur.

Dengan begitu maka Kamu dapat bersemangat dalam membuat konten serta mempromosikannya. Apabila target yang diharapkan belum tercapai, maka tidak perlu berputus asa, karena ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Mungkin saja ada hal yang kurang, contohnya seperti kontennya kurang menarik, strategi promosinya yang kurang tepat sasaran, penyampaian pesannya yang belum sempurna, atau karena aspek yang lainnya.

3. Perencanaan Ide Konten

Apabila Kamu sudah mengetahui niche konten yang ingin dibuat, maka cara menjadi youtuber pemula selanjutnya Kamu tinggal membuat perencanaan dari ide konten apa saja yang ingin dibuat. Dengan cara ini maka dapat membantu proses perencanaan konten.

Kamu dapat melakukannya dengan cara menyusun riset kata kunci, melihat kompetitor dan mengenali target audiens.

4. Membuat Channel Youtube

Jika ketiga langkah yang ada di atas sudah terselesaikan, kini saatnya Kamu menuju ke langkah 4 yaitu membuat channel YouTube. Kamu dapat menggunakan nama channel yang unik atau menggunakan nama pribadi.

Saat melakukan pembuatan channel YouTube jangan lupa melengkapi seluruh section yang perlu diisi pada YouTube. Contohnya seperti gambar banner, photo profile, info kontak, deskripsi maupun yang lainnya.

5. Mempersiapkan Perlengkapan dan Peralatan

Untuk proses pembuatan video YouTube pastinya Kamu harus menyediakan beberapa peralatan dan perlengkapan. Cara menjadi youtuber pemula memang tidak harus langsung berinvestasi. Akan tetapi Kamu masih bisa menggunakan alat lain.

Contohnya seperti kamera HP, ring light untuk pencahayaan, beserta microphone. Tidak sampai di situ saja, Kamu juga perlu mengatur tempat syuting dan pastikan bahwa tempatnya rapi supaya penonton tidak salah fokus, tidak berisi dan cukup cahaya.

Kamu juga perlu meng-install serta mempelajari aplikasi untuk mengedit video. Contohnya seperti Sony Vegas, Adobe Premiere, maupun aplikasi lainnya.

6. Membuat Jadwal Upload

Cara jadi youtuber selanjutnya yaitu dengan membuat jadwal upload konten. Pastikan bahwa Kamu konsisten dan teratur ketika memproduksi konten. Dengan cara inilah maka akan ada timeline yang jelas supaya bisa memulai produksi mengedit dan mengunduh video dengan jadwal upload video.

Sekain itu juga bisa memudahkan para audiens agar bisa mengetahui kapan akan memperoleh konten menghibur, informatif ataupun edukatif dari YouTube yang Kamu miliki.

7. Produksi Konten dan Editing

Untuk proses produksi dapat dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahapan pra produksi, produksi dan tahapan proses produksi. Untuk produksi terdiri dari penentuan ide, membuat script, membuat outline, video lighting,persiapan alat-alat untuk melakukan teks video.

Seperti kamera profesional ataupun kamera HP, microphone, mengatur tempat dan lainnya. Tahap produksi yaitu proses shooting maupun pengambilan video. Untuk tahap produksi ini pastikan sesuai outline yang sudah dibuat.

Berimprovisasi boleh, asalkan seluruh Informasi yang disampaikan harus tidak ada yang terlewatkan. Tahapan selanjutnya yaitu post produksi yang merupakan kegiatan mengedit video beserta quality control. Pastikan bahwa konten video bagus supaya bisa dibagikan.

8. Mempromosikan Video

Supaya bisa menjadi seorang youtuber, maka Kamu juga harus mempunyai kemampuan sebagai marketing dari konten yang Kamu buat. Promosi konten dapat dilakukan dengan cara melalui sosial media yang sudah dimiliki.

Contohnya seperti Tik Tok, Instagram grup, WhatsApp maupun yang lainnya. Di tahapan promosi ini memang tidak mudah dilakukan karena membutuhkan konsistensi. Kamu harus terus belajar supaya orang-orang mengetahui bahwa video yang sudah dibuat tersebut sangat cocok ditonton.

9. Membangun Engagements

Engagement bersama dengan audient pada YouTube memang harus dijaga. Caranya yaitu dengan konsisten mengupload video, melakukan interaksi di kolom komentar, mempertimbangkan proses pembuatan video yang banyak di request oleh audiens dan melakukan premier livestreaming.

10. Optimasi Seo Youtube

YouTube merupakan proses optimasi video beserta channel YouTube supaya dapat meningkatkan peringkatnya. Melalui inilah maka audiens dapat dengan mudah menemukan channel YouTube atau video yang Kamu miliki tersebut.

Caranya bisa dilakukan melalui Google mesin pencarian YouTube atau mesin pencarian yang lainnya supaya lebih mudah saat optimasi SEO.

Lebih lengkapnya silakan bisa dipelajari tentang SEO Youtube.

11. Menganalisis dan Melakukan Evaluasi

Jika beberapa tahapan yang ada di atas sudah terselesaikan, kini saatnya Kamu melakukan analisis dan evaluasi perhatikan dulu bagaimana orang merespon video yang Kamu buat. Caranya dengan mengecek komentar, memiliki feedback atau yang lainnya.

Analisis yang Kamu lakukan juga bisa melihat dari peningkatan like, viewers maupun subscriber. Dengan analisis inilah maka Kamu dapat segera melakukan evaluasi bagaimana supaya YouTube Kamu tersebut berjalan dengan lancar dan banyak diminati.

Suka Duka Menjadi Seorang Youtuber

Profesi sebagai youtuber memang mempunyai banyak tantangan, namun sebagian orang beranggapan bahwa menjadi youtuber adalah profesi yang mudah. Akan tetapi pada kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan.

Melalui informasi berikut ini diharapkan Kamu sudah bisa mengetahui apa saja suka dan duka menjadi seorang youtuber, di antaranya:

1. Sukanya Menjadi Youtuber

  • Bisa memperoleh penghasilan yang lebih besar.
  • Menjadi orang yang terkenal dan mudah dikenal oleh orang lain.
  • Multitalent

2. Dukanya Menjadi Youtuber

  • Seringkali merasa sendirian atau kesepian.
  • Harus menjaga image, perilaku dan perkataan.
  • Tidak diperbolehkan jika berpenampilan jelek di depan kamera.
  • Dituntut untuk menjadi orang yang serba bisa, berpengalaman luas dan mempunyai karakter.
  • Harus siap menghadapi netizen

Penutup

Menjadi seorang youtubeber yang terkenal pastinya menjadi impian semua orang. Tidak hanya banyak dikenal oleh orang saja, namun penghasilannya pun juga cukup menggiurkan.

Oleh karena itu beberapa cara menjadi youtuber seperti di atas bisa dijadikan sebagai rekomendasi nya.

Silahkan berdiskusi...